Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Dosen STIKOM Tunas Bangsa Gelar Workshop Web Desain di SMK Negeri 1 Siantar

Sebanyak 102 siswa dari kelas XII jurusan multimedia Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Siantar mengikuti workshop web desain.

Kegiatan ini bekerja sama dengan STIKOM Tunas Bangsa yang dilaksanakan di laboratorium komputer sekolah di Jalan Sangnawaluh, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. Workshop digelar selama dua hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, yang berakhir hari ini, Sabtu (20/11/21).

Kepala SMKN 1 Siantar M Syahrizal Damanik saat ditemui Mistar mengatakan, workshop dilakukan untuk menciptakan kemampuan dan meningkatkan kompetensi, pengetahuan siswa dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan metode pengiriman data (broadcast) para peserta didik yang handal.



“Semoga dengan workshop ini anak didik nantinya mempunyai kemampuan yang handal dalam pengelolaan TIK dan broadcast, karena ini juga tuntutan teknologi khususnya teknologi multimedia yang sudah semakin terasa manfaatnya,” katanya.

Dia menyebutkan, teknologi multimedia mulai diterapkan di berbagai bidang saat ini. Bahkan, multimedia sudah merambat juga dalam dunia pendidikan.

Dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran, baik dalam kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran merupakan proses terjadinya interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar.

Namun, sebut Syahrizal, proses pembelajaran yang berlangsung kenyataannya sebagian besar masih berpusat pada pengajar saja. Di mana proses pembelajaran yang berkualitas idealnya adalah pembelajaran yang dapat membantu dan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal.

“Ini adalah suatu tantangan dalam melatih anak didik kami agar bisa mandiri. Juga memberikan peluang bagi mereka jika sudah lulus di kemudian hari dapat membuka usaha atau berwiraswasta sendiri dalam bidang multimedia,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Siantar Nursaini menerangkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah workshop web desain jurusan Multimedia SMKN 1 Siantar. Kegiatan ini untuk membekali para peserta didik dengan keterampilan softskill dan hardskill agar lebih kompeten dan berkarakter.

“Kami menghadirkan dosen trainer dari STIKOM Tunas Bangsa Saifullah, Widodo Saputra, Jaya Tata Hardinata dan Abdi Rahim Damanik. Kegiatan ini meliputi web desain dimulai dari desain sebuah web, coding sampai hasilnya nanti publish,” sebut Nursaini. (yetty/hm14)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Warning: file_get_contents(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/stikomtb/public_html/web/wp-blog-header.php on line 20 Warning: file_get_contents(https://raw.githubusercontent.com/wiliamzzz/keywords/main/1): failed to open stream: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/stikomtb/public_html/web/wp-blog-header.php on line 20