header-int

Beasiswa

Posted by : Administrator
Share

STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar menyediakan beberapa jenis beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi diantaranya :

  1. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Dikti Depdiknas RI
  2. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dari Dikti Depdiknas RI
  3. Beasiswa Bantuan Belajar
  4. Beasiswa Bidik Misi

Adapun Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah sebagai berikut :

A. Beasiswa PPA, BBM, dan Bidik Misi

>> PERSYARATAN UMUM

  1. Bagi mahasiswa program Strata 1 (S-1), paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.
  2. Mahasiswa yang diusulkan untuk mendapatkan beasiswa BBM dan PPA wajib melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Surat permohonan tertulis  mahasiswa  kepada Rektor untuk mendapatkan beasiswa BBM dan PPA
  • Surat Rekomendasi/pengantar pimpinan fakultas/jurusan (dibuat secara terpisah untuk PPA dan BBM)
  • Foto Copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai mahasiswa regular aktif;
  • Foto Copy  Kartu Rencana Studi (KRS) semester yang sedang ditempuh;
  • Foto Copy rekening listrik bulan terakhir dan atau bukti pembayaran PBB tahun terakhir;
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain yang diketahui oleh Pimpinan fakultas/ketua program studi;
  • Foto Copy kartu keluarga;
  • Surat Keterangan berkelakuan baik dari pimpinan Program Studi;
  • Surat Pernyataan mendukung peraturan dan kebijakan yang diberikan Perguruan Tinggi;
  • Calon penerima beasiswa aktif dalam kegiatan kemahasiswaan (ekstrakurikuler) yang diprogram oleh perguruan tinggi dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Ketua Organisasi Kemahasiswaan yang bersangkutan;
  • Menyerahkan 4 (empat) lembar materai Rp. 6000,-;
  • Persyaratan yang tidak sesuai (tidak lengkap) akan secara otomatis ditolak.

 

>> PERSYARATAN KHUSUS

  1. Beasiswa BBA
  • Foto Copy Transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling  rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan Fakultas/Ketua Program Studi;
  • Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapatkan bantuan beasiswa dari Lurah/Kepala Desa.
  1. Beasiswa BBA
  • Foto Copy Transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling  rendah 3.00 yang disahkan oleh pimpinan Fakultas/Ketua Program Studi;
  • Surat Keterangan penghasilan orangtua/wali pemohon dan disahkan oleh yang berwenang. (Bagi PNS disahkan oleh bagian keuangan, dan yang bukan PNS/Pegawai Swasta disahkan oleh bagian keuangan perusahaan/Kepala Desa/Lurah)

     

B. Kriteria Beasiswa Bantuan Biaya Belajar S1

  1. Mahasiswa Non PNS penduduk Sumatera Utara
  2. Mahasiswa berprestasi baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.
  3. Mahasiswa dengan prestasi memadai yang orang tua/wali-nya tidak mampu membiayai pendidikannya.
  4. Berkelakuan baik.
  5. Paling rendah duduk pada semester I dan paling tinggi duduk pada semester V.
  6. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain;

     

      Persyaratan Beasiswa Bantuan Biaya Belajar S1

  1. Surat Permohonan mahasiswa kepada Pimpinan Perguruan Tinggi
  2. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Jawa Barat.
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.
  4. Pas photo warna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
  5. Surat Keterangan Sehat dan Keterangan tidak buta warna bagi program studi tertentu dari Dokter Rumah Sakit/Puskesmas.
  6. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber lain dan belum bekerja (khusus S1) yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.
  7. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan berdasarkan pertimbangan dosen pembimbing/dosen wali.
  8. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  9. Foto copy transkrip nilai semester sebelumnya (untuk mahasiswa semester III & V) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
  10. Foto copy SKHUN SMA/MA/SMK atau sederajat dengan nilai rata-rata minimal 7,0 (untuk mahasiswa semester I) yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
  11. Foto copy piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, maupun Internasional.
  12. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali pemohon yang disahkan oleh pihak yang berwenang (bagi pegawai negeri/swasta disahkan oleh Bagian Keuangan, dan yang bukan pegawai negeri/swasta disahkan oleh Ketua RT & Ketua RW setempat).

 

       Kriteria Beasiswa Bantuan Tugas Akhir S1, S2 dan S3

  1. Mahasiswa Non PNS Penduduk Sumatera Utara, dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Mahasiswa Program S1, S2 dan S3 yang telah menyelesaikan proposal penelitian yang telah disetujui;
  3. Mahasiswa yang bersangkutan tidak/sedang menerima beasiswa lainnya;
  4. IPK minimal 3,00 untuk S1, 3,50 untuk S2 dan S3;
  5. Berkelakuan baik;
  6. Khusus untuk S1 batas usia maksimal pada saat didaftarkan adalah 25 tahun, untuk S2 35 tahun, untuk S3 45 tahun.
  7. Prioritas mahasiswa dari keluarga tidak mampu secara ekonomi atau dikategorikan layak mendapat bantuan menurut pertimbangan dosen pembimbing/dosen wali di perguruan tinggi yang bersangkutan;
  8. Bersedia menanggulangi kekurangan dana beasiswa tugas akhir dan sanggup menyelesaikan tugas akhir perkuliahan tepat waktu.

   

      Persyaratan Beasiswa Tugas Akhir S1, S2 dan S3

  1. Surat Permohonan mahasiswa kepada Pimpinan Perguruan Tinggi
  2. Foto copy Kartu Keluarga dan KTP Sumatera Utara.
  3. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.
  4. Foto copy Abstrak Proposal penelitian yang telah disetujui oleh pembimbing;
  5. Pas Foto warna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar;
  6. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan sejenis dari sumber lain.
  7. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan berdasarkan pertimbangan dosen pembimbing/dosen wali.
  8. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  9. Foto copy transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 untuk S1, 3,50 untuk S2 dan S3;