Sosialisasi

Sosialisasi untuk visi, misi dan tujuan dilakukan dengan meningkatkan motivasi dan menanamkan kesadaran dan rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap perilaku civitas akademika agar menjadi salah satu program studi teknik informatika yang unggul dan profesional ditingkat nasional pada tahun 2020.

Upaya sosialisasi dilakukan dengan cara:

  1. Penempatan poster dan pembuatan brosur yang memuat tentang visi, misi, tujuan dan sasaran pada beberapa tempat di lingkungan Program Studi.
  2. Meng-unggah melalui website Program Studi Teknik Informatika.

www.stikomtb.ac.id/teknikinformatika

  1. Penyampaian visi dan misi pada setiap kegiatan oleh pimpinan Program Studi.
  2. Penyampaian visi dan misi melalui orientasi kehidupan kampus bagi mahasiswa baru oleh pimpinan Program Studi.
  3. Penyampaian visi dan misi melalui rapat-rapat pimpinan dengan program studi.
  4. Memuat visi dan misi di dalam buku panduan Program Studi Teknik Informatika.
  5. Mensosialisasikan dalam setiap kegiatan rapat dan seminar-seminar bersifat lokal maupun nasional yang diadakan dilingkungan STIKOM Tunas Bangsa.
  6. Untuk melihat tingkat pemahaman civitas akademika STIKOM Tunas Bangsa terhadap visi dan misi Program Studi Teknik Informatika maka dilakukan pemberian kuisioner kepada seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan.
  7. Aplikasi berbasis mobile android di playstore dengan nama aplikasi STIKOM Tunas Bangsa

Dari paparan di atas dan melihat banyaknya media sosialisasi jelas tergambar bahwa sosialisasi telah berjalan efektif, hal ini dapat dilihat dari tingkat pemahaman untuk Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal civitas akademika dan tenaga kependidikan, sehingga sosialisasi ini mampu memberi pemahamanan yang baik kepada seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan.

 

Untuk menguji pemahaman civitas academika STIKOM Tunas Bangsa  terhadap pemahaman visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi, maka pihak STIKOM Tunas Bangsa melakukan pengujian kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa. Dosen yang diuji adalah 9 Dosen Tetap Prodi TI yang sesuai dengan Program Studi. Mahasiswa yang diuji adalah sebanyak 25 orang mahasiswa Prodi TI dan tenaga kependidikan yang diuji sebanyak 5 orang. Hasil pengujian dikategorikan ke dalam 5 kategori yaitu: Sangat Paham, Paham, Cukup Paham, Kurang Paham dan Tidak Mengetahui.

  1. Untuk Dosen

Untuk dosen diperoleh bahwa sebanyak 8 orang (89%) dosen sangat paham dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran STIKOM Tunas Bangsa, sebanyak 1 orang (11%) memahami visi, misi, tujuan, dan sasaran STIKOM Tunas Bangsa.

 

Tabel 1.1 Tingkat Pemahaman Dosen Tetap Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran TI STIKOM Tunas Bangsa.

Kategori Pemahaman Jumlah
Sangat Paham 8
Paham 1
Cukup Paham 0
Kurang Paham 0
Tidak Mengetahui 0

Gambar 1.1. Diagram Tingkat Pemahaman Dosen Tetap Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa

  1. Untuk Mahasiswa

Untuk mahasiswa diperoleh bahwa sebanyak 14 orang (56%) mahasiswa sangat paham dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi TI, sebanyak 11 orang (44%) memahami visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi TI. Tidak ada mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Prodi TI yang tidak mengetahui visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi TI

Tabel 1.2 Tingkat Pemahaman Mahasiswa Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa

Kategori Pemahaman Jumlah
Sangat Paham 14
Paham 11
Cukup Paham 0
Kurang Paham 0
Tidak Mengetahui 0

Gambar 1.2. Diagram Tingkat Pemahaman Mahasiswa  Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa

  1. Untuk Tenaga Kependidikan

Untuk tenaga kependidikan diperoleh bahwa sebanyak 14 orang (93%) tenaga kependidikan sudah sangat paham dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi TI, sebanyak 1 orang (7 %) sudah memahami visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi TI.

Tabel 1.3. Tingkat Pemahaman Tenaga Kependidikan STIKOM Tunas Bangsa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa

Kategori Pemahaman Jumlah
Sangat Paham 14
Paham 1
Cukup Paham 0
Kurang Paham 0
Tidak Mengetahui 0

 

Gambar 1.3. Diagram Tingkat Pemahaman Tenaga Kependidikan STIKOM Tunas Bangsa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi TI STIKOM Tunas Bangsa

STIKOM TUNAS BANGSA - TEKNIK INFORMATIKA