Stikom Tunas Bangsa (STIKOM) menggelar upacara dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, berlangsung di aula AMIK dan STIKOM Tunas Bangsa, pada Jumat(17/8/2018). Upacara ini diikuti oleh seluruh civitas akademika STIKOM dan mahasiswa baru STIKOM Tunas Bangsa 2018. H Maulia Ahmad Ridwansyah Putra menjadi pembina pembina upacara, ia membacakan pesan dari Menteri Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir yang bertemakan “Kerja Kita, Prestasi Bangsa.”

Dalam pesannya Prof. H. Mohamad Nasir mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memahami kembali secara utuh Pancasila dan kebhinekaan bangsa, dan kebhinekaan sebagai sebuah anugerah.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah meridhoi cita-cita kita menjadi bangsa yang merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu di tengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Atas dasar kebhinekaan inilah kita menjadi besar dan kuat”, katanya.

Prof. H. Mohamad Nasir menekankan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation.

“Literasi Data merupakan kemampuan mahasiswa kita untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja, seperti Coding dan Artifical Intelligence, serta prinsip-prinsip teknik rekayasa. Sedangkan Literasi Manusia merupakan sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif”, tegasnya.

STIKOM TUNAS BANGSA - TEKNIK INFORMATIKA