STIKOM Tunas Bangsa Menyelenggarakan Seminar Nasional “SENSASI 2019”

Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2019 bekerjasama dengan STMIK Budi Darma menyelenggarakan seminar nasional bidang ilmu komputer untuk pertama kali. Sebelumnya STIKOM Tunas Bangsa telah menyelenggarakan The 1st International Conference on Computer Sciences and Applied Mathematic (ICCSAM 2018) pada oktober 2018. Pada Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2019, beberapa pembicara utama (keynote speaker) yang hadir dalam seminar tersebut, diantaranya Prof. Dr. Muhammad Zarlis (Universitas Sumatera Utara, Medan – Indonesia), Tutut Herawan, Ph.D (Universiti Malaya, Malaysia), Dr. Dedy Hartama, ST., M.Kom (STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar – Indoensia) dan dihadiri juga oleh Prof. Dr. Herman Mawengkang (Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia. Seminar tersebut berlangsung di Convension Hall Siantar Hotel, Pematangsiantar – Indonesia, pada 1 Juli 2019.

Tema yang dibawakan pada seminar nasional adalah “Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Perguruan Tinggi Indonesia”. Seminar ini bertujuan (1) Untuk memberikan pemahaman kepada perguruan tinggi baik pihak pengelola, dosen dan mahasiswa tentang era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data dan robotic. (2) Sebagai wahana bagi peningkatan ketrampilan dan kompetensi yang harus tetap secara konsisten ditingkatkan dalam menghadapi tentang era revolusi industri 4.0 dan (3) Sebagai perwujudan partisipasi terhadap perkembangan teknologi revolusi industri 4.0 di Indonesia.

Secara khusus, seminar nasional ini dapat digunakan sebagai forum ilmiah untuk mengakomodasi diskusi di antara para peneliti muda yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia di bidang ilmu komputer. Oleh karena itu, pembicara yang diundang dalam seminar nasional ini adalah peneliti muda yang terkenal dan terkemuka di dunia.

Ketua Panitia SENARIS 2019 (Agus Perdana Windarto, M.Kom) mengatakan antusiasme para peserta dari berbagai wilayah sangat tinggi terhadap seminar nasional ini. Ia menjelaskan bahwa seminar ini diikuti 514 peserta yang terdiri dari 100 Pemakalah dan 414 peserta yang berasal dari 5 Wilayah berbeda yakni: Jakarta Selatan, Jawa Barat, Pekanbaru, Sumatra Barat, Sumatra Utara dan 13 Perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta seperti: STIKOM Tunas Bangsa, AMIK Tunas Bangsa, Universitas YPTK Padang, Universitas Indraprasta PGRI, Universitas Budi Luhur, Universitas Jenderal Achmad Yani, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia, STMIK Budi Darma, Universitas Potensi Utama, Universitas Negeri Medan (Unimed), Politeknik Ganesha, Universitas Al Azhar, STMIK Mikroskil.

Harapannya kegiatan ini dapat memunculkan berbagai solusi dan rekomendasi yang dapat digunakan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 Bagi Perguruan Tinggi Indonesia,” tutur Agus Perdana Windarto, M.Kom. (LPPM AMIK dan STIKOM Tunas Bangsa).


Gambar Keynote Speaker SENARIS 2019

Leave a Reply