Mahasiswa Sistem Informasi meraih Juara 2 Paper Terbaik di SENSASI Medan

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (Sensasi) 2018 dengan tema “Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Penerapan Teknologi Informasi Berbasis Sistem Pendukung Keputusan” berjalan dengan sukses. Sensasi 2018 dilaksanakan di Green Hall L.7 STMIK Budi Darma pada tanggal 28 Juli 2018 dengan keynote Speaker adalah Prof.Dr.Muhammad Zarlis (Guru Besar USU) dan Dr. Dermawan Napitupuli dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI).

Sueb Aripin, M.Kom sebagai ketua panitia Sensasi 2018 menyampaikan bahwa Sensasi 2018 merupakan yang pertama kali, walaupun demikian pemakalah dan peserta berasal dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia yaitu STMIK Harapan Ibu Langsa-Aceh, Univ. Abdurrab-Pekabaru-Riau, Univ. Kristen Toraja-Sulsel, STMIK Indonesia-Jakarta, STIE Balikpapan-Kaltim, dan dari Sumatera Utara seperti STMIK Budi Darma, STMIK Triguna Darma, STIKOM Tunas Bangsa-Pematang Siantar, Univ. Prima Indonesia, Univ.Methodis Indonesia dan lain sebagainya. Pemakalah bukan hanya dari kalangan dosen dan umum tetapi juga dari mahasiswa, dengan jumlah pemakalah dosen sebanyak 37 orang dan jumlah pemakalah mahasiswa berjumlah 70 orang serta jumlah peserta seminar 415 orang.

Mesran, M.Kom sebagai ketua STMIK Budi Darma menyampaikan bahwa ide awal seminar Sensasi 2018 berawal dari tugas paper matakuliah Sistem Pendukung Keputusan dengan tujuan sebagai awal pembelajaran untuk mahasiswa dalam publikasi ilmiah. Mesran, M.Kom juga menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana Sensasi 2018 sehingga acara Sensasi 2018 dapat terlaksana dengan baik, kepada keynote
speaker Prof. Muhammad Zarlis dan Dr. Dermawan Napitupulu atas waktu dan kesediaannya datang ke STMIK Budi Darma dan kepada STIKOM Tugas Bangsa-Pematang Siantar sebagai pemakalah dan peserta terbanyak.

Prof. Muhammad Zarlis menjelaskan bahwa Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan sistem Cyber-physical yang mulai terasa muncul pada tahun 2018 saat industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data semua ada dimana-mana yang dikenal dengan Internet Of things (IoT). Bagi NKRI merupakan keniscayaan perkembangan teknologi saat ini serta merupakan kebijakan Kemenristekdikti 29 januari 2018. Dr. Dermawan Napitupulu menyampaikan bahwa revolusi Industri 4.0 berhubungan dengan pemanfaatan Big data dan data mining untuk proses pengambilan suatu keputusan

Pada acara tersebut dilaksanakan pengumuman dan penyerahan sertifikat kepada paper terbaik dan pemakalah terbaik. Untuk Paper terbaik kategori mahasiswa, terbaik pertama : Nur Iman Sarumaha(STMIK Budi Darma)-Mayestia Simanungkalit(STMIK Budi Darma)- Marni Damanik (STMIK Budi Darma), Paper terbaik kedua: P.P.P.A.N.W Fikrul Ilmi R.H Zer (STIKOM Tunas Bangsa), Dedy Hartama(STIKOM Tunas Bangsa), Agus Perdana Wandarto(STIKOM Tunas Bangsa). Untuk kategori dosen, terbaik pertama: Edi Facrial, Harmileni (Univ. Prima Indonesia), paper terbaik kedua : Puji Sari Ramadhan, Usti Fatimah Sitorus Pane (STMIK Triguna Darma).

Untuk pemakalah terbaik kategori mahasiswa : Agung Nanda Pratama- Ikram Hamdani- Ahmad Zulfandi (STMIK Budi Darma), Tia Imandasari-Agnes Gracella Fepdiani Simanjuntak- Ledis Pebriani Purba (STIKOM Tunas Bangsa). Kategori dosen : Lenny Manara Saragih, Marzuki Sinambela(STMIK Budi Darma) dan Reza Hanafi Lubis.

Leave a Reply