Sejarah

Sejarah
Sejarah

Sumatera Utara pada umumnya dan khususnya Pematangsiantar adalah pusat industri dan perdagangan termasuk agrobisnis terkemuka di Indonesia yang pada akhir-akhir ini telah bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi, dengan bangkitnya berbagai sektor industri, maka berdampak pula dengan kebutuhan pemenuhan tenaga kerja terutama dibidang komputer. Dari kenyataan yang ada, dan atas permintaan masyarakat maka Yayasan Muhammad Nasir Pematangsiantar merasa terpanggil untuk bertanggung jawab atas peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang ada di Pematangsiantar. Untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja tersebut Yayasan Muhammad Nasir berencana mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Tunas Bangsa Pematangsiantar(Ningsih, 2018).

Sedangkan Sejarah dan latar belakang berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Tunas Bangsa  Pematangsiantar tidaklah dapat dipisahkan dengan Yayasan Muhammad Nasir. Yayasan Muhammad Nasir, yang didirikan oleh seorang tokoh masyarakat masyarakat yang bernama H. M. Ahmad Ridwan Syahputra(Sundari, 2018).

Untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Dasar 1945 maka pendirian Yayasan Muhammad Nasir, merupakan wujud rasa kewajiban sebagai anak bangsa untuk

lebih banyak berbuat dan membantu Pemerintah Indonesia dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, terampil dan terdidik.

Dunia pendidikan di Indonesia telah mengalami era globalisasi yang merupakan era yang penuh tantangan yang harus dihadapi. Tantangan ini terletak pada bidang-bidang sosial, budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menghadapi tantangan itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sebagai syarat utama dan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan adanya lembaga pendidikan tinggi yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif yang mengutamakan keseimbangan kecerdasan akal (IQ - intelligence quotient), dan kecerdasan emosi (EQ - emotional quotient).

Untuk menjawab tantangan tersebut dan untuk menampung lulusan SMU/SMK/MA dari seluruh Indonesia umumnya Pematangsiantar khususnya, Yayasan Muhammad Nasir bermaksud membuka perguruan tinggi. Pada awal berdirinya, Akademi Manajemen Informatika Komputer Tunas Bangsa (AMIK-TB) Pematangsiantar akan menyelenggarakan program diploma tiga (D-III) untuk program studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi.

Setelah berdirinya Akademi Manajemen Informatika Komputer Tunas Bangsa (AMIK-TB) Pematangsiantar program diploma tiga (D-III) dan sudah terakreditasi “B”, kemudian Yayasan Muhammad Nasir menambah Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Tunas Bangsa (STIKOM-TB) Pematangsiantar program Sarjana (S1) untuk program studi Sistem Informasi dan Teknik Infromatika yang telah mendapat ijin sesuai dengan keluarnya “IJIN MENDIKBUD R.I NO.408/E/O/2014 TANGGAL 11 SEPTEMBER 2014” dari pemerintah. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Tunas Bangsa Pematangsiantar nantinya akan berpartisipasi dan berperan serta secara aktif dalam rangka menghubungkan keadaan sekarang dengan masa depan, sekaligus sebagai penghubung antara dunia informasi dan ilmu pengetahuan. Selain itu diharapkan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Tunas Bangsa (STIKOM-TB) Pematangsiantar nantinya dapat ikut serta secara konkrit dalam usaha peningkatan dan pengembangan mutu kehidupan masyarakat Indonesia umumnya dan Pematangsiantar khususnya, bahkan ikut mengembangkan watak dan kepribadian generasi muda dalam rangka usaha menyongsong datangnya abad millenium(Ningsih, 2018).

Untuk mencapai cita-cita yang luhur tersebut, maka diperlukan Visi, Misi dan Ciri yang jelas dari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Tunas Bangsa (STIKOM-TB) Pematangsiantar. 

Visi, Misi dan Ciri tersebut dilandaskan kepada cita-cita para pendiri Yayasan Muhammad Nasir, dengan memperhatikan :

  1. Tempat kedudukan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Tunas Bangsa Pematangsiantar di Pematangsiantar.
  2. Pendayagunaan dan pengamalan wawasan nusantara sebagai wawasan Nasional Indonesia.
  3. Globalisasi dalam dunia Manajemen, Teknologi Komputer dan Informatika.
Ada Yang Bisa Kami Bantu